Ini Dia Beberapa Zat Gizi yang Diperlukan Oleh Tubuh Kita

Menjaga tubuh agar senantiasa sehat itu sebenarnya sangat mudah caranya. Selain melakukan olahraga, Anda bisa mendapatkannya dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi. Banyak makanan bergizi yang bisa ditemukan di sekitar kita. Mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, daging, ikan, dan sumber makanan lainnya. Anda perlu mengetahui zat gizi apa saja yang diperlukan oleh tubuh agar bisa memenuhinya guna untuk kesehatan tubuh Anda sendiri.

Kebutuhan zat gizi antara masing-masing individu bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung dari berbagai faktor, seperti usia, jenis kelamin, tingkatan aktivitas fisik yang dilakukan, berat badan, dan tinggi badan. Lalu zat gizi apa saja yang diperlukan oleh tubuh? Berikut ini diantaranya:

Sumber Zat Gizi yang Diperlukan Oleh Tubuh

1. Protein.
Protein merupakan salah satu zat gizi yang harus dipenuhi oleh tubuh. Tidak sulit untuk mendapatkan makanan yang mengandung sumber protein, seperti pada susu, telur, tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

2. Zat besi.
Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia memang bukanlah sekedar wacana saja. Karena zat besi memang diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi sel-sel darah merah. Kurang zat besi bisa menyebabkan seseorang terkena anemia. Kurangnya zat besi pada tubuh seseorang bisa diketahui dengan melihat gejalanya seperti tubuh lemas, sakit kepala, kulit terlihat kusam, rambut rontok, serta kuku yang rapuh. Zat besi bisa diperoleh dari sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, dll.

3. Magnesium.
Magnesium diperlukan oleh tubuh untuk menjaga tulang agar tetap sehat. Selain itu juga berperan untuk mencegah dari penyakit kanker serta mempengaruhi dalam penyerapan kalsium. Sumber makanan yang mengandung magnesium bisa diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, dam juga susu.

4. Seng.
Seng berguna untuk menjaga kekebalan tubuh, memproduksi DNA, sekresi enzim, serta sebagai neurotransmitter, dimana menjadi salah satu zat kimia yang membawa pesan antar neutron). Seng bisa diperoleh dari bayam, kacang mete, kacang almond, kubis, kacang polong, dan buah kering.

5. Kalsium.
Kalsium sangat diperlukan untuk kesehatan tulang, sekaligus untuk mencegah dari penyakit osteoporosi. Kalsium bisa diperoleh dari susu, kubis, dan yoghurt. Yoghurt memang terkenal kaya akan kalsium yang tidak kalah dengan susu. Selain itu juga terkenal sebagai sumber probiotik untuk kesehatan saluran cerna.

0 comments:

Posting Komentar