Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami, Bisa Dicoba Buah-buahan Ini

Cara mengobati asam urat rupanya tak harus menggunakan obat kimia melulu. Sebab, pengobatan secara alami dengan buah atau tumbuh-tumbuhan yang biasa kita konsumsi pun tidak kalah manjurnya. Seperti diketahui, angka penderita asam urat di Indonesia kini cukup tinggi. Hal itu terjadi lantaran adanya pergesaran gaya hidup, seperti pola makan yang tidak sehat atau pola hidup yang salah.

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang kandungan purinnya tinggi, salah satu penyebab terserang asam urat. Penderita asam urat akan mengalami sakit pada sendi. Itu terjadi karena ginjal mengalami disfungsi. Dengan begitu, asam urat akan tersimpan di sendi dan akhirnya membentuklah kristal asam urat.

Kalau seandainya ginjalnya sehat, asam urat bisa hilang dan keluar melalui urin saat buang air kecil. Namun, saat asam urat tidak keluar karena mengendap di dalam tubuh, akhirnya menyebabkan sakit krinis, bengkak dan menimbulkan sakit pada sendi.

Seperti telah dibahas di atas, timbulnya nyeri sendi akibat asam urat terjadi karena memakan makanan yang kandungan purinnya tinggi. Makanan itu seperti jeroan, daging merah. Tidak hanya daging, sayuran pun seperti bayam, kacang-kacangan, kembang kol serta jamur bisa menyebabkan asam urat. Karena jenis sayuran itu mengandung purin. Penyebab asam urat juga bisa karena ditimbulkan dari kebiasaan konsumsi minuman alkohol yang berlebih.

Sedangkan dalam mengobati asam urat kebanyakan orang lebih memilih dengan menggunakan obat-obatan kimia. Namun, sebelum mengkonsumsi obat, sebaiknya dicoba dulu dengan cara alami. Karena keseringan mengkonsumsi obat kimia untuk penyembuhan penyakit, terkadang berefek menimbulkan penyakit lain.

Berikut ini simak cara mengobati asam urat secara alami yang dirangkum dari berbagai sumber;

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Sebelum mengulas buah atau tumbuh-tumbuhan yang bisa mengobati asam urat, kami sarankan kepada penderita asam urat untuk perbanyak meminum air putih. Minum air putih dalam setiap harinya disarankan sampai delapan hingga sepuluh gelas. Hal itu harus dilakukan. Sebab, dengan banyak air mineral mengalir ke dalam tubuh, mencegah mengalami dehidrasi dan menjaga urin tetap encer. Dengan begitu, akan membantu asam urat yang ditimbulkan dari makanan yang mengkristal di dalam tubuh.

Buah Ceri

Sering mengkonsumsi buah ceri merupakan salah satu cara mengobati asam urat secara alami. Karena buah tersebut mengandung sifat anti inflamasi yang dipercaya bisa mengurangi kadar asam urat. Hal itu tentu bukan tanpa penelitian secara medis. Seperti dipulikasikan oleh Journal of Nutrition, hasil penelitian menunjukan bahwa buah ceri dapat membantu menurunkan kadar asam dalam tubuh. Di samping itu, Pathology and Nutrition dari penulit Liliana Stadler Mitrea juga menyarankan hal serupa.

Buah Ceri

Saat digunakan untuk pengobatan, buah ceri bisa langsung dimakan dan disarankan mengkonsumsinya hingga 15 sampai 20 kali dalam sehari. Apabila bosan memakan langsung buah ceri, bisa juga dengan cara dibuat jus. Dengan mengkonsumsi buah ceri, bisa membantu menyembuhkan rasa nyeri serta peradangan akibat asam urat.

Jahe

Cara mengobati asam urat berikutnya adalah dengan menggunakan jahe. Tumbuhan ini memang sering digunakan sebagai ramuan herbal dari sejak dulu dan berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

jahe merah

Jenis jahe memang banyak ragamnya. Namun, untuk mengobati asam urat pilihlah jahe merah. Karena dalam kandungan jahe jenis ini banyak terdapat nutrisi. Jahe merah pun dikenal sebagai jahe terpedas dari berbagai jenis jahe yang ada. Jahe juga memiliki kandungan anti inflamasi. Kandungan itulah yang menjadi obat untuk mengobati asam urat terutama dalam mengobati rasa nyeri dan peradangan sendi.

Jahe juga dipercaya bisa meningkatkan imunitas pada tubuh serta melancarkan pencernaan. Jadi, dengan mengkonsumsi jahe untuk kesehatan, tidak hanya mengobati asam urat saja, tetapi juga bisa menyembuhkan keluhan lain atau meningkatkan kondisi tubuh Anda. Di samping itu, dengan mengkonsumsi jahe tidak menimbulkan efek samping yang bisa menimbulkan keluhan penyakit lain.

Dalam membuat obat asam urat dari jahe, cara pertama sediakan dua potong jahe dan kemudian bersihkan dengan air bersih. Setelah dipastikan jahe sudah bersih, kemudian potong tipis-tipis. Lalu potongan jahe tersebut rebus dengan air mendidih. Agar diminumnya tidak pahit, baiknya tambahkan gula merah dalam rebusan air tersebut.

Setelah air rebusan sudah mendidih dan dipastikan sudah bisa diangkat, kemudian matikan kompornya. Diamkan dalam beberapa menit sampai air rebusan tersebut terasa hangat. Kalau sudah hangat, tuangkan dalam gelas dan langsung bisa diminum.

Buah Pisang

Memang tidak disangka, pisang yang sering kita konsumsi ternyata bisa digunakan sebagai penyembuh asam urat. Karena buah pisang mengandung potasium yang bisa mengubah kristal asam urat menjadi encer. Dengan begitu, asam urat yang mengkristal dalam tubuh dapat hancur dan kemudian keluar dari tubuh melalui urin saat buang air kecil.

Buah Pisang

Agar pengobatan asam urat maksimal dan untuk meredakan rasa sakit serta peradangan pada sendi, baiknya makan dua buah pisang setiap harinya. Kalau bisa konsumsi setiap hari sebagai langkah pencegahan.

Lemon

Lemon biasanya digunakan untuk mengecilkan perut atau menurun berat badan. Tapi ternyata bisa juga digunakan sebagai cara mengobati asam urat secara alami. Lemon bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan asam urat bilamana tidak suka memakan buah pisang, jahe atau ceri. Karena jarang-jarang orang yang tidak suka meminum air lemon.

Lemon

Kenapa lemon berkhasiat mengobati asam urat? Sebab, di dalam lemon terkandung vitamin C yang bisa dijadikan zat antioksidan yang kuat. Zat itu ternyata bisa menetralkan kadar asam urat yang berlebih, sehingga dapat meredakan sakit sendi atau peradangan akibat asam urat. Itulah penjelasan mengenai cara mengobati asam urat secara alami. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Posting Komentar