Kenali Faktor – Faktor Perkembangan Anak Sejak Dini

Tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak, tidak selamanya bisa berjalan sesuai yang Bunda diharapkan. Hal tersebut tentu disebabkan oleh banyak faktor yang, baik faktor yang bisa diubah seperti faktor lingkungan, maupun faktor yang tidak dapat diubah seperti halnya faktor lingkungan. Terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, diantaranya akan dibahas berikut ini.

 Perkembangan Anak

Faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang bayi maupun anak adalah faktor keturunan (herediter). Dalam hal ini perlu diketahui bahwa kecepatan pertumbuhan serta perkembangan pada seorang anak laki – laki akan berbeda dengan anak perempuan. Selain itu bisa di ambil contoh bahwa anak keturunan bangsa Eropa akan lebih tinggi dan besar jika dibandingkan dengan anak keturunan bangsa Asia.

Faktor berikutnya adalah faktor lingkungan. Kebudayaan suatu daerah dapat mempengaruhi seseorang dalam merawat dan mendidik anak. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang dan juga tingkah laku mereka. Selain itu, keadaan sosial ekonomi keluarga juga bisa mempengaruhi pola asuhan terhadap anak. Contohnya orang tua yang memiliki pendidikan cukup mudah menerima serta menerapkan ide-ide dalam mengasuh dan mendidik anak.

Tumbuh kembang bayi juga dipengaruhi oleh nutrisi. Dalam mendukung pertumbuhan mereka, anak membutuhkan nutrisi yang adekuat yang bisa diperoleh dari makanan bergizi. Kekurangan nutrisi bisa diakibatkan karena kualitas gizi makanan yang kurang baik, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, penyakit-penyakit fisik yang membuat nafsu makan berkurang, dan lain sebagainya. Selain itu, adanya penyakit atau kecelakaan yang juga bisa menggangu proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

Olahraga juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Olahraga bisa meningkatkan sirkulasi, aktivitas fisiologi, serta menstimulasi terhadap perkembangan otot-otot. Selain itu, urutan anak dalam keluarganya juga dapat mempengaruhi perkembangannya. Misalnya, kelahiran anak pertama tentu akan menjadi pusat perhatian keluarga, sehingga seluruh kebutuhan dapat terpenuhi baik fisik, ekonomi, maupun sosial. Intelegensi juga perperan dalam hal ini. Pada umumnya anak yang memiliki intelegensi tinggi, perkembangannya bisa lebih baik apabila dibandingkan dengan yang memiliki intelegensi kurang.

0 comments:

Posting Komentar