Laman

Ragam Jenis Makanan yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Mengidap diabetes bukanlah akhir kehidupan bagi kita. Penderita diabetes tetap dapat hidup sehat dan bersemangat asalkan mau menjalani pola hidup sehat. Meskipun konsumsi obat diabetes dapat menjaga kestabilan kadar gula darah, tentu akan lebih baik bila kita mengontrol kondisi diabetes secara alami.

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kondisi tubuh pengidap diabetes adalah mengatur pola makan yang seimbang. Menu makanan sebagai obat diabetes berfungsi untuk menjaga kadar gula darah dalam batas normal. Yuk simak dulu daftar aneka makanan yang baik untuk pengidap diabetes :

Nasi Merah


Nasi Merah

Beras merah memang menjadi salah satu sumber karbohidrat terbaik bagi orang yang mengidap diabetes. Karena indeks glikemik nasi merah lebih rendah daripada nasi putih atau sumber karbohidrat lainnya. Setelah mengonsumsi nasi merah, kita tidak akan mengalami kenaikan kadar gula darah secara signifikan. Nasi yang terbuat dari beras merah juga jauh lebih mengenyangkan sehingga dapat meminimalkan keinginan makan yang berlebihan.

Aneka Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung banyak vitamin dan serat yang dibutuhkan pengidap diabetes. Selain itu, sayuran hijau juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Bonusnya, konsumsi sayuran hijau membuat sistem pencernaan kita jadi lancar dan bebas sembelit.

Oatmeal

Jika merasa bosan dengan nasi merah, kita bisa menjadikan oatmeal sebagai pilihan sumber karbohidrat lainnya. Karena oatmeal mengandung serat beta glucan yang ampuh menstabilkan kadar gula dalam darah. Jangan ragu memadukan oatmeal dengan aneka bahan pelengkap lainnya. Sebab oatmeal cocok untuk dikonsumsi saat sarapan, makan siang, atau makan malam.

Dark Chocolate

Siapa bilang orang diabetes dilarang menikmati cokelat?

Kita yang mengidap diabetes boleh mengonsumsi dark chocolate asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Dark chocolate mengandung senyawa flavonoid yang bermanfaat bagi kinerja jantung serta menjaga kestabilan kadar gula darah. Usahakan untuk menikmati dark chocolate dalam porsi kecil agar tidak mempengaruhi kondisi gula darah. Sebaiknya kita memilih dark chocolate yang rendah gula, tanpa susu, dan tanpa bahan perasa lainnya.

Kini terbukti kan kalau pengidap diabetes masih dapat menikmati hidup dengan tubuh bugar dan bersemangat. Jangan lalai menjalani pola hidup sehat agar penyakit diabetes tidak menyulitkan kita di kemudian hari. Selamat menjalani pola hidup sehat!

Posted Hidup Sehat By : Yoga Ailala Hidup Sehat Updated at : 17.34

0 comments:

Poskan Komentar