Laman

Panduan Memasak Sayuran Agar Nutrisinya Tidak Hilang

Sayuran adalah salah satu bahan makanan yang harus kita santap setiap hari. Kandungan serat, vitamin, dan mineral akan memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Selain itu, sayuran juga tergolong bahan makanan rendah kalori sehingga bisa membuat kita kenyang tanpa menimbun kalori.

Memasak Sayuran

Sayangnya, tidak semua orang bisa memasak sayuran dengan cara yang benar. Padahal memasak sayuran sembarangan bisa membuat gizi di dalamnya jadi hilang. Sebaiknya kita mencermati panduan berikut ini terlebih dahulu agar nanti kita lebih mahir memasak sayuran :

Masukkan Sayuran yang Keras Terlebih Dahulu
Ada beberapa resep masakan yang memadukan aneka jenis sayuran di dalamnya, misalnya capcai. Kalau kita memasak hidangan seperti ini, sebaiknya kita memasukkan sayuran yang teksturnya keras terlebih dahulu. Sehingga sayuran yang lebih empuk tidak menjadi lembek karena terlalu lama dimasak. Masukkan aneka sayuran lainnya secara bertahap agar semuanya matang bersamaan.

Menggunakan Peralatan Dapur Berkualitas
Teknologi peralatan dapur saat ini memungkinkan kita memasak sayuran tanpa mengurangi kandungan gizi di dalamnya. Harga peralatan dapur murah di MatahariMall membuat kita bisa mendapatkan peralatan memasak yang canggih dengan harga terjangkau. Tak perlu khawatir harus merogoh kocek dalam-dalam sebab MatahariMall punya koleksi peralatan dapur yang beragam. Variasi peralatan dapurnya akan menyempurnakan hobi memasak kita. Aneka bahan makanan pun bisa diolah secara praktis.

Jangan Sampai Sayuran Berubah Warna
Perubahan warna pada sayuran menandakan bahwa kandungan gizi pada sayuran tersebut sudah mulai hilang. Misalnya saja brokoli atau sawi hijau yang warna hijaunya mulai memudar jika dimasak dalam waktu lama. Oleh sebab itu, kita harus cermat menyiasati hal ini. Masaklah sayuran dalam waktu singkat agar warnanya tidak berubah. Sehingga kandungan gizi di dalamnya pun tetap utuh hingga siap disantap nanti.

Tidak Perlu Menambahkan Banyak Air
Menambahkan banyak air pada saat memasak sayuran akan membuat gizi sayuran larut dalam air. Kalau kita memasak sayuran dengan cara ditumis, kita tidak perlu menambahkan banyak air. Bahkan kita bisa mengandalkan air yang terkandung dari sayuran dan sisa air yang tertinggal setelah sayuran dicuci. Hasilnya, sayur yang ditumis pun tidak akan mengandung banyak air.

Sudah punya ide tentang resep sayuran istimewa untuk disajikan esok hari?

Jika belum, yuk cari referensi resep sayuran praktis dulu di internet. Manfaatkan saja bahan-bahan yang tersedia di dapur kita!

Posted Hidup Sehat By : Yoga Ailala Hidup Sehat Updated at : 10.15

0 comments:

Poskan Komentar