Halaman

Cara mengobati luka bakar untuk pertolongan pertama

Luka bakar hampir setiap orang mengalaminya entah luka bakar ringan atau berat, contoh luka bakar seperti terkena percikan air panas, minyak goreng panas, terkena panci atau peralatan dapur panas dan juga terkena knalpot motor atau benda lainnya yang panas atau secara langsung terkena api. Lalu obat luka bakar apa yang tepat dan bagaimana menangani untuk pertolongan pertama ?

Pentingnya mengetahui penanganan yang tepat untuk pertolongan pertama saat terkena luka bakar, banyaknya tradisi masyarakat indonesia yang bila terkena luka bakar langsung mengoleskan odol dan ada juga yang mengoleskan kecap atau mentega.

Tahukah bahwa mengoleskan odol/pasta gigi, kecap dan mentega bisa memperparah luka dan bisa menimbulkan infeksi pada kulit, apalagi penggunaan minyak goreng pada kulit ini juga malah memperburuk luka bakar.

Para dokter kesehatan baik di Indonesia maupun rumah sakit luar negeri bersepakat penggunaan bahan-bahan rumah tangga seperti pasta gigi, kecap, mentega, minyak goreng tidak baik digunakan untuk luka bakar yang efeknya tidak bisa membantu penyembuhan pada luka bakar.

Cara mengobati luka bakar

Bila terkena luka bakar akibat berbagai macam penyebabnya, maka langkah pertama yang paling tepat adalah menggunakan air mengalir bersuhu ruang yang efeknya akan mendinginkan luka bakar, suhu panas akan terbawa dengan air yang mengalir. Untuk itu lakukan mengaliri luka bakar dengan air langsung selama beberapa menit bisa 5-20 menit. Suhu ruang bisa langsung dari sumur yang dingin dan segar, namun jangan menggunakan es batu karena ini tidak diperbolehkan.

Cara mengobati luka bakar untuk pertolongan pertama

Penggunaan air mengalir untuk pertolongan pertama pada luka bakar, setelah itu harus dibawa ke dokter kesehatan kulit untuk dicek lebih lanjut untuk pemberian obat yang tepat untuk luka bakar.

Bila menggunakan tanaman obat tradisional harus dicek dulu jenis tanaman dan fungsinya serta sudah diteliti dengan baik khasiat tanaman tradisional tersebut yang teruji bisa mengobati luka bakar. Contoh obat tradisional yaitu minyak zaitun yang banyak sekali manfaatnya baik untuk pengobatan luar seperti kulit maupun untuk diminum langsung.

Nah kalau sudah sembuh maka saatnya mengembalikan kulit putih dan sehat kembali, banyak cara memutihkan kulit agar halus dan lembut juga sehat dan tentunya tidak kering.

Posted Hidup Sehat By : Yoga Ailala Hidup Sehat Updated at : 22.20

0 comments:

Posting Komentar