Laman

Panduan Makanan Untuk Ibu Hamil Menu Terbaik Sehat Bergizi

Makanan sehat untuk ibu hamil sangat penting untuk diperhatikan karena pada saat bersamaan janin yang tumbuh memerlukan berbagai macam asupan vitamin dan mineral agar dapat berkembang dengan baik dan terpenuhi kebutuhan gizinya. Penting sekali panduan makanan untuk ibu hamil dengan memilih menu makanan sehat yang memiliki kandungan gizi terbaik.

Banyak beredar informasi bahwa pada saat wanita yang mengalami tanda kehamilan dan dinyatakan hamil harus konsumsi makanan yang lebih banyak 2 kali atau lebih untuk mencukupi kebutuhan ibu dan janin dalam kandungan. Padahal bukan banyaknya konsumsi makanan tetapi yang terpenting adalah kualitas makanan yang dikonsumsi pada saat hamil.

Panduan Makanan Untuk Ibu Hamil Menu Terbaik Sehat Bergizi

Ibu hamil diharuskan konsumsi makanan sehat yang bergizi 2 kali lebih banyak kandungan gizinya bukan banyaknya makanan. Maka yang perlu menjadi perhatian untuk ibu hamil adalah nilai gizi pada makanan yang dikonsumsi, dan bila berlebihan makan tanpa memperhatikan nilai gizi yang ada malah tubuh ibu hamil menjadi kegemukan dan belum tentu bayi tercukupi nilai gizinya.

Lalu bagaimana cara mencukupi kebutuhan makanan sehat bergizi terbaik pada ibu hamil beserta janin dalam kandungan agar berkembang dengan sehat dan tercukupi kebutuhan gizinya ?

Langkah awal adalah cek kehamilan ke dokter kandungan spesialis, biasanya akan diberikan multivitamin untuk diminum setiap hari selama kehamilan yang berfungsi untuk membantu kebutuhan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Makanan Multi vitamin baik untuk ibu hamil
  • Brokoli
  • Wortel
  • Jagung
  • Kacang kedelai
  • Jeruk
  • Alpukat
  • sereal (gandum/jagung)

Makanan 4 sehat 5 sempurna untuk ibu hamil
  1. Karbohidrat (nasi, jagung, gandum, kentang)
  2. Lauk Pauk mengandung Protein ( Ikan, Daging, Telur, Tahu dan Tempe)
  3. Sayur-sayuran kaya vitamin serat dan protein nabati (bayam, brokoli, tomat, terong)
  4. Buah-buahan kaya vitamin dan mineral kandungan air tinggi
  5. Susu (susu, yogurt, keju)

Tips Panduan Menu Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil Sehat Bergizi
  • Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan lebih banyak.
  • Makan dalam porsi yang mencukupi namun sering agar tidak membebani dan mengurangi rasa mual yang memang menjadi salah satu ciri-ciri orang hamil pada 1-3 bulan pertama.
  • Waktu makan untuk ibu hamil minimal 3 kali sehari (terbaik 5 kali) dan antara makan satu dengan yang lain diselingi dengan cemilan yang sehat bergizi.
  • Jangan lupa banyak minum air putih mineral yang bersih dan sehat.

Ingat selama kehamilan agar ibu dan janin hidup sehat perlu memperhatikan konsumsi makanan yang sehat bergizi dan mencukupi kebutuhan ibu hamil serta janin dalam kandungan dan dapat menjaga stamina ibu hamil serta dapat tidur lebih nyaman dan menghindari stres. Jangan lupa bila mendekati persalinan untuk minum air kelapa mudah, karena manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil dapat memperlancar pada saat proses persalinan dengan ibu dan anak sehat jasmani dan rohaninya.

Posted Hidup Sehat By : Yoga Ailala Hidup Sehat Updated at : 20.53

0 comments:

Posting Komentar