Halaman

Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasi Gusi Berdarah

Pernahkan anda mengalami gusi berdarah tanpa tau sebabnya ? Gusi berdarah hampir dialami sebagian besar orang baik anak-anak maupun orang dewasa. Banyak orang yang sering membiarkan dan mengabaikan gusi berdarah, padahal seharusnya mencari tahu penyebab gusi berdarah serta bagaimana cara mengatasi gusi berdarah tersebut.

Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasi Gusi Berdarah

Gusi sering berdarah terus menerus jangan dianggap remeh dan diabaikan begitu saja, karena bila gusi yang sering berdarah dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius. Untuk itu cari tahu penyebab dan cari segera bagaimana mengatasi serta mengobati gusi berdarah.


Faktor terbesar penyebab gusi berdarah adalah disebabkan karena penghapusan pada plak gigi yang tidak benar pada garis tepi gusi yang berdampak gusi meradang (Gingivitis).

Plak pada gigi yang mengeras karena kurangnya perhatian untuk menghilangkan secara teratur dengan gosok gigi menggunakan sikat gigi lembut dan pasta gigi yang benar, bila dibiarkan dapat membuat plak gigi mengeras membentuk karang gigi. Karang gigi yang dibiarkan dapat mengakibatkan pendarahan dan lebih parahnya bisa menyebabkan penyakit rahang dan infeksi gusi serius yang disebut dengan Periodontitis.

Infeksi gusi dapat membuat gigi sakit dan syaraf-syaraf menjadi tegang yang berefek ke organ tubuh yang lain, maka tidak heran bila sakit gigi terasa tidak nyaman dihampir semua organ tubuh. Perlunya tindakan cara mengobati sakit gigi dengan tindakan terbaik dan tepat.

Selain karena faktor plak dan karang pada gigi juga ada beberapa penyebab lain yang menyebabkan gusi berdarah seperti : infeksi bakteri jamur dan virus, menyikat membersihkan gigi terlalu keras, kekurangan sel darah merah, pemasangan gigi palsu yang tidak tepat dan tidak sesuai, penyakit leukimia, kekurangan vitamin c dan vitamin k serta perubahan hormon pada selama tanda kehamilan untuk ibu-ibu hamil.


  1. Pertama kontrol pendarahan pada Gusi dengan memberi tekanan langsung menggunakan kain kasa yang sudah direndam dengan air es.
  2. Cukupi kebutuhan Vitamin terutama Vitamin C yang bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran, serta cukupi vitamin K dimana merupakan faktor penting dalam proses pembekuan darah.
  3. Makan makanan sehat bergizi terutama yang mengandung banyak kalsium seperti sayuran hijau, kacang kedelai, ikan salmon, oatmeal, brokoli, pisang dan lainnya. Kalsium akan membantu memperbaiki kerusaka pada gigi serta mencegah gusi berdarah.
  4. Gunakan herbal yang dapat mengobati gusi berdarah seperti salah satu kegunaan madu sebagai antiseptik, manfaat kunyit selain untuk memutihkan kulit juga bisa untuk mengobati peradangan, dan gunakan kayu manis karena manfaat kayu manis banyak sekali seperti antiperadangan dan membunuh bakteri serta kaya serat dan kalsium yang dibutuhkan gusi dan gigi.
  5. Kurangi asupan gula yang berlebihan seperti soda manis atau kopi manis serta makanan olahan yang terlalu manis karena dapat memperparah pendarahan.
  6. Hindari merokok karena bahaya merokok banyak sekali, dan pada saat gusi berdarah maka akan hanya semakin memperburuk saja.
  7. Dan jangan lupa untuk banyak minum air putih mineral minimal kebutuhan dalam sehari adalah 8 gelas.

Cara aman terbaik dalam mengatasi gusi berdarah adalah menjaga kesehatan tubuh setiap hari dengan menerapkan gaya dan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi secara teratur dan istirahat yang mencukupi serta olah raga yang teratur. Secara rutin lakukan gosok gigi dengan sikat lembut dan pasta gigi yang aman setelah habis makan dan menjelang tidur dan jangan lupa minimal 6 bulan sekali cek gigi dan gusi ke dokter ahli gigi terutama membersihkan plak gigi. Bila rutin melakukannya maka Gigi dan elemen Gigi termasuk gusi akan sehat, ikuti tips cara memutihkan gigi kuning secara tradisional tanpa efek samping sehingga gusi dan bagian-bagian gigi lebih bersih dan sehat sehingga terhindar dari gusi berdarah.

Posted Hidup Sehat By : Yoga Ailala Hidup Sehat Updated at : 19.58

0 comments:

Posting Komentar