Laman

Penyakit Akibat Kekurangan Serat dan Fungsi Serat Makanan

Penyakit Akibat Kekurangan Serat Makanan diantaranya sembelit, kanker, sakit usus besar, kolesterol, gula darah, wasir dan kegemukan badan atau obesitas juga berbagai penyakit lainnya. Maka sangat penting sekali untuk mengkonsumsi makanan sehat yang berserat dengan takaran yang pas untuk mencukupi kebutuhan asupan makanan agar hidup sehat setiap hari.

Penyakit Akibat Kekurangan Serat

Serat makanan merupakan komponen bahan dari makanan nabati yang dapat dimakan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh terutama dalam sistem pencernaan. Serat makanan meliputi pati, polisakharida, oligosakharida, lignin dan bagian lainnya. Makanan yang berserat biasanya sebagai menu diet sehat alami yang akan mengontrol berat badan sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat dan Fungsi Serat yang paling utama adalah mencegah sembelit ( susah buang air besar ) dan memperlancar buang air besar secara normal serta dapat mencegah sekaligus menyembuhkan kanker usus besar dan luka dalam usus besar lalu bisa menurunkan kolesterol dalam darah.

Makanan sehat dengan kandungan serat kasar yang tinggi dengan kandungan kalori rendah, kadar gula dan lemak rendah dapat membantu mengurangi terjadinya obesitas atau kegemukan dan sebaliknya bila kekurangan serat maka menyebabkan kegemukan. Bagi yang kurus mungkin ini bisa menjadi cara menambah berat badan namun kurang tepat, dan yang tepat dalam menambah berat badan secara sehat seharusnya konsumsi makanan yang penuh dengan gizi dengan kandungan protein dan kalsium.

Akibat Kekurangan Serat dapat mempermudah terbentuknya sel-sel kanker, hal ini karena bila kekurangan serat maka kerja pada usus besar tidak lancar yang dapat mengakibatkan luka dan benjolan yang bila hal itu terjadi maka bisa terbentuk sel-sel kanker pada usus besar.

Serat dapat menjerat lemak dalam usus sehingga mencegah penyerapan lemak oleh tubuh yang berarti mengurangi kadar kolesterol dalam darah, bila kekurangan serat maka kolesterol darah meningkat sehingga dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Konsumsi makanan berserat sangat dianjurkan dalam memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh yang memang tidak boleh kekurangan serat namun juga tidak boleh berlebihan dalam konsumsi makanan berserat. Terutama bagi ibu hamil dengan ciri-ciri orang hamil yang telah diketahui seperti perut makin membesar dan pada awalnya bisa terasa capek dan pegal lelah serta terlambat menstruasi, maka perlu mengkonsumsi berbagai makanan sehat bergizi kaya dengan berbagai kandungan 4 sehat 5 sempurna yang dibutuhkan untuk tubuh baik untuk ibu hamil dan sang calon bayi.

Buah-buahan sayuran dan kacang-kacangan Makanan kaya serat

Makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan kacang-kacangan dengan minum air putih mencukupi kebutuhan tubuh dapat di konsumsi setiap hari dalam membantu sistem pencernaan dan dalam memenuhi kebutuhan akan serat oleh tubuh sehigga dapat menghindari berbagai penyakit akibat kurang serat makanan.

Posted Hidup Sehat By : Yoga Ailala Hidup Sehat Updated at : 16.12

0 comments:

Posting Komentar