Laman

Cara Menghilangkan Jerawat dan Noda Bekas Jerawat Cepat Alami

Cara Menghilangkan Jerawat beserta noda bekas jerawat secara alami bila ingin hasil yang cepat dan maksimal maka perlunya ditangani dengan baik berdasarkan prosedur yang benar dan tepat dalam mengobatinya.

Sudah tahukah anda mengenai jerawat yang ada pada wajah atau bagian lain pada tubuh anda ? dan tahukah apa penyebabnya dan faktor-faktor yang menyebabkan jerawat ?

Beberapa pertanyaan mengenai jerawat tersebut harus bisa kita jawab agar bisa mengatasi jerawat dengan baik dan benar. Bila ditangani dengan baik dan benar maka jerawat akan hilang beserta bekas jerawatnya sekaligus kulit bisa kembali mulus dan juga halus sehingga dapat hidup sehat setiap hari dengan penampilan yang menawan.

Jerawat

Jerawat adalah kelainan pada kulit yang disebabkan oleh adanya penyumbatan kelenjar lemak (kelenjar sebasea).

Jerawat dapat timbul pada wajah dan juga bisa di leher, dada, punggung dan lengan atas pada bagian tubuh seseorang, dan tidak menutup kemungkinan pada bagian tubuh yang lainnya. Jerawat kebanyakan diderita oleh para remaja baik cowok ataupun cewek dan juga orang-orang dewasa, bahkan pada anak-anak dan lansia sekalipun. Untuk wanita lebih cenderung apalagi bila sedang datang bulan dan pada saat awal kehamilan dengan ciri-ciri orang hamil yang salah satunya telat datang bulan atau menstruasi.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Noda Bekas Jerawat Cepat Alami

Bila timbul jerawat pada bagian tubuh tertentu membuat kondisi kulit menjadi lebih sensitif karena keadaannya kulit yang tidak normal yang akan membuat ketidaknyamanan baik dalam berpenampilan ataupun kesehatan tubuh anda. Untuk itu perlunya perhatian terhadap jerawat agar bisa dihilangkan dan disembuhkan dengan cepat sehingga membuat lebih percaya diri.

Jenis-Jenis Jerawat

  1. Komedo yaitu pori-pori yang tersumbat diakibatkan oleh sel-sel kulit mati atau kelenjar minyak yang berlebihan.
  2. Jerawat Biasa yaitu pori-pori yang tersumbat dan terinfeksi oleh bakteri dengan ciri adanya tonjolan kecil pada kulit berwarna pink dan kemerah-merahan.
  3. Jerawat Batu yaitu jerawat yang berukuran besar diakibatkan kelenjar minyak terlalu aktif, sel-sel kulit tidak bisa beregenerasi layaknya kulit normal

Jenis jerawat yang mana yang anda derita pada saat ini ? Setiap jerawat perlu penanganan disesuaikan jenis dan kondisi jerawat pada penderitanya. Maka dari itu perlu penanganan yang tepat dan benar agar sedini mungkin jerawat bisa ditangani sehingga tidak semakin menyebar dan menjadi jerawat yang lebih besar yang membuat semakin parah keadaan.

Kesalahan penanganan mengobati jerawat bisa mengakibatkan hal yang buruk seperti jerawat semakin bertambah, bernanah, berkembang menjadi jerawat yang besar seperti bisul, kondisi kulit tambah cacat dan berlubang atau bopeng, dan tidak menutup kemungkinan bila salah dalam menangani dan mengobati bisa menyebabkan infeksi berat. Jerawat merupakan penyakit yang kadang mudah ditangani namun bisa sulit ditangani bila sudah infeksi parah. Jangan sampai saja jerawat yang timbul karena penyakit virus mers yang berbahaya, namun itu hanya karena sumbatan pada pori-pori atau adanya bakteri yang ringan dan mudah ditangani.

Maka dari itu perlunya mengatasi jerawat dengan hati-hati dan tata cara yang benar sesuai prosedur yang baik dan benar sehingga masalah jerawat dapat dituntaskan dengan cepat dan tidak mudah datang lagi. Sebelum membahas lebih lanjut cara menghilangkan dan mengobati jerawat maka perlunya mengetahui fakto-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Faktor-faktor Penyebab Jerawat

  • Kebersihan wajah tidak terjaga (kurang bersih)
  • Stres (gelisah, cemas, khawatir berlebihan)
  • Kosmetik berkadar lemak tinggi (pelembab/moisturizing, night cream, foundation, scrub)
  • Makanan berlemak (kacang, coklat, keju, mentega, gorengan, daging kambing, makanan bersantan, sambal, duren, mangga, nangka dll)
  • Kurang istirahat (kurang tidur)
  • Buang air besar tidak lancar (susah buang air besar secara normal)
  • Gesekan rambut dan handuk secara kasar
  • Iritasi pada kulit
  • Faktor keturunan (genetik)
  • Faktor hormon androgen, memungkinkan anak remaja berjerawat karena fungsi hormonnya mulai aktif bekerja lalu bagi wanita sebelum-sesudah menstruasi karena adanya peningkatan hormon.
  • Jerawat sering dimain-mainkan (pegang, pencet, gosok) akan semakin memperburuk kondisinya.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat sebagian besar adalah seperti yang disebutkan diatas, namun tidak menutup kemungkinan karena faktor-faktor yang lainnya seperti gaya dan pola hidup yang tidak sehat. Sebagian penyebab jerawat memang ada yang tidak bisa dihindari seperti faktor keturunan, akan tetapi faktor yang lainnya bisa kita hindari agar tidak menimbulkan jerawat dan bila sudah berjerawat agar tidak semakin memperparah kondisinya.

Cara menghindari penyebab Jerawat atau agar tidak memperparah kondisi jerawat, seperti :

  • Hindari untuk memegang, menggosok atau memencet jerawat yang bila hal itu dilakukan dapat menyebabkan infeksi sekunder berupa timbul noda dan cacat pada kulit.
  • Hindari pemakaian kosmetik berkadar lemak tinggi agar tidak terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit.
  • Hindari dalam mencuci wajah dengan air panas
  • Hindari pemakaian sabun anti septik yang biasanya mengakibatkan kulit iritasi
  • Hindari olahraga berlebihan terkena langsung sinar matahari yang terik
  • Hindari makanan menganduk kadar lemak tinggi
  • Hindari hal yang membuat stress dan cobalah untuk istirahat yang cukup
  • Hindari konsumsi yang tidak menyehatkan seperti Alkohol dan merokok, karena bahaya merokok  dan alkohol sangat berdampak tidak baik untuk kesehatan

Setelah mengetahui jerawat dan faktor penyebab jerawat dan juga bagaimana cara memperlakukan dengan cara menghindari beberapa faktor yang bisa mengakibatkan jerawat atau memperparah keadaan jerawat langkah selanjutnya adalah cara mengobati jerawat agar jerawat hilang dan noda bekas jerawat juga bisa lenyap dan kulit kembali normal.

Cara mengobati jerawat secara tepat berprinsip pada hal-hal dibawah ini, yaitu : 

  1. Menghilangkan penyumbatan kelenjar lemak
  2. Membersihkan kulit wajah secara baik dan teratur
  3. Menghaluskan kulit wajah yang telah rusak akibat jerawat
Prinsip dasar mengobati jerawat sekaligus menghilangkan noda bekas jerawat harus dijalani dengan cara yang tepat dan terbaik untuk mendapatkan hasil yang sesuai diinginkan yaitu kulit kembali halus dan bersinar kembali. Bila kulit sudah baik dan jerawat tidak datang kembali, maka bisa make up dan juga merias wajah sesuai yang diinginkan, namun hindari penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan kulit.

Tips Cara Mengobati Jerawat dengan Cepat secara Alami

Rajin membersihkan wajah dengan air bersih

  1. Rajin membersihkan wajah 
  2. Perbanyak minum air putih
  3. Perhatikan kebersihan tangan, pakaian dan tempat tidur
  4. Saat gosok gigi, keramas pada rambut lakukan dengan benar karena pasta gigi dan shampo yang terkena pada kulit wajah bila tidak dibersihkan dengan benar dapat mengakibatkan jerawat.
  5. Gaya dan Pola Hidup Sehat dengan makan makanan sehat bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari
  6. Istirahat mencukupi dan olah raga secara teratur
  7. Kurangi makanan berminyak dan makanan terlalu manis (coklat) dan juga makanan seafood dan telor
  8. Kunjungi Dokter spesialis kulit bila jerawat membandel (pilih dokter spesialis yang dipercaya dan sudah teruji telah banyak membantu mengobati jerawat dan bekas jerawat)
  9. Lebih mendekatkan diri dan Doa kepada Tuhan (Allah SWT) yang akan mengabulkan segala permintaan hamba-hambanya yang berdoa, berusaha, ikhlas dan sabar

Bahan-bahan alami yang bisa untuk mengobati jerawat dan menghilangkan jerawat sekaligus noda bekas jerawat

Bahan-bahan alami untuk Menghilangkan Jerawat dan Noda Bekas Jerawat dengan Cepat

  • Madu, kegunaan madu dapat sebagai antiseptik dan juga memberi nutrisi sekaligus mengencangkan dan menghaluskan kulit. Gunakan madu murni alam dan oleskan kebagian jerawat lalu diamkan selama 10-15 menit dan bila. Lakukan setiap hari sampai jerawat mengering dan hilang, madu mengandung berbagai senyawa penting dengan manfaat madu sangat banyak untuk kesehatan baik luar maupun dalam tubuh.
  • Mentimun, kandungan antioksidan bisa menenangkan jerawat yang meradang sekaligus memberikan efek menyejukkan. Penggunaannya bisa blender atau parut mentimun dan tempelkan pada jerawat lalu diamkan selama 15 menit atau lebih kemudian bila dengan air bersih.
  • Buah pepaya, kupas pepaya matang dan haluskan dengan di blender lalu gunakan pada jerawat dan biarkan selama 20 menit atau lebih setelah itu bila dengan air bersih. Pepaya bisa mengobati peradangan pada jerawat sekaligus menghaluskan kulit dan bisa memutihkan kulit serta menghaluskan.
  • Kuning Telur, pisahkan kuning dan putih telur lalu gunakan kuning telur dengan cara dikocok terlebih dahulu dan oleskan ke jerawat dan sekitarnya lalu biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.
  • Kunyit, kandungan dan manfaat kunyit dapat mengobati jerawat sekaligus menghaluskan kulit dan juga memutihkan wajah. Cara penggunaanya bisa menghaluskan kunyit dan digunakan pada jerawat dan sekitarnya selama 15 menit atau lebih lalu bilas hingga bersih dengan air.
  • Dan beberapa bahan-bahan alami lainnya seperti Air jeruk nipis, Minyak lavender, Pasta bubuk cendana dan air mawar juga bahan-bahan alami yang sudah dipercaya dan terbukti ampuh dalam menghilangkan jerawat atau mengobati jerawat.

Cara mengobati jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami biasanya tanpa ada efek samping bila bahan yang digunakan asli dan memang alami serta penggunaannya yang baik dan tepat dengan prosedur yang benar. Untuk penanganan yang lebih baik lagi bisa secara langsung konsultasikan ke dokter spesialis kulit terutama yang ahli dalam mengobati jerawat.

Semoga artikel Cara Menghilangkan Jerawat dan Noda Bekas Jerawat Cepat Alami bisa bermanfaat untuk setiap orang, bila menyukai tulisan ini bisa sharing agar bisa tersebar dan bermanfaat untuk yang lainnya.

Posted Hidup Sehat By : Yoga Ailala Hidup Sehat Updated at : 15.28

0 comments:

Posting Komentar