Halaman

Cara Make Up Merias Wajah Dandan Natural Tampil Cantik

Cara make up merias wajah agar tampak lebih cantik dan terlihat mempesona dimata semua orang adalah dambaan kebanyakan wanita pada umumnya, untuk itulah betapa pentingnya mengetahui tata cara merias wajah sehari-hari agar tampak cantik dan mempesona.

Sebelum make up dan merias wajah perlunya dipahami mengenai peran dari pemilihan warna dan kombinasinya agar lebih menarik, warna ini digunakan untuk make up wajah yang hasilnya akan sangat menonjol, maka dari itu pilihlah warna yang menarik dan disesuaikan dengan kondisi dan keadaan, warna yang natural dipilih kebanyakan orang karena untuk mencerahkan saja tanpa perlu takut make up ketebalan atau tidak cocok.

Merias wajah yang perlu diperhatikan dan ditonjolkan adalah beberapa bagian diantaranya yaitu bagian mata, alis dan bibir. Pada bagian-bagian ini perlu ketelitian dan koreksi yang detail karena sangat penting dan banyak menjadi perhatian banyak orang. Namun agar tetap hidup sehat setiap bagian tubuh terutama wajah agar tampak alami dan natural cukup membersihkan wajah secara rutin dan teratur tanpa perlu dimake sedemikian rupa yang dapat mempengaruhi kulit wajah, ada cara memutihkan kulit wajah lebih alami yang bisa dicoba dan perlu waktu memang. Tetapi bila dirasa kurang maka perlunya pemolesan make up agar terlihat lebih indah dan cantik juga mempesona.

Teknik Merias Menggambar Alis

Alis perlu di make up agar tampak menarik yang kebanyakan kaum hawa memperhitam dan menipiskan dan juga memperpanjang bentuknya dengan menggunakan pensil alis. Konsep membuat bentuk alis harus disesuaikan dengan bentuk muka seseorang, misalnya untuk mata lebar dibuat nampak sempit dengan memperpanjang garis alis keujung mata, lalu muka bulat membuat alis dengan lengkungan dahi yang tinggi mulai garis diatas tepi mata dan diteruskan sampai keujung tulang pipi. Muka segi empat agar tampak lebih lonjong, alis dibuat ujungnya tinggi.

Yang terpenting merias wajah untuk bagian alis patokannya adalah menyesuaikan dengan bentuk wajah eye shadow dan eye liner dan juga pastinya yang membuat anda lebih tampil percaya diri dan tampak cantik.

Teknik Make Up Merias Bibir

Bibir memiliki beberapa kriteria diantaranya bibir tebal, tipis, kecil, miring keatas dan kebawah. Untuk merias berbagai kriteria tersebut maka diperlukan cara merias bibir agar tampak lebih baik dan terlihat bagus disesuaikan dengan wajah.

Bibir tebal agar terlihat lebih tipis dapat disiasati dengan membuat garis bibir agak kedalam pada bagian atas dan bawah, untuk warna lipstick untuk bagian atas agak gelap dan pada bagian bawah bibir agak terang.

Bibir tipis bisa mengoleskan lipstick dilebihkan dari garis bibir asli dan memakai warna yang terang. Untuk Bibir kecil buatlah garis bibir diluar bibir asli dengan mengoleskan lipstick terutama pada ujung-ujung bibir. Dan tentunya bibir juga perlu didukung gigi yang bersih, maka cobalah cara memutihkan gigi agar tampak bersinar dan seirama dengan bibir yang menarik.

Teknik Make Up Merias Mata (Eye Liner)

Mata biasa (normal memanjang), Eye liner dibuat penuh, diatas tipis dan pada sudut luar mata eye liner dilebihkan keatas dan sedikit mendatar.

Mata Bulat, Eye liner dibuat penuh menurut bentuk mata, pada sudut mata dilebihkan
sedikit dan pada bagian bawah mata eye liner dibuat mulai 3/4 mata. Pada sudut luar mata dilebihkan dan dipertemukan dengan eye liner yang diatasnya

Mata Sipit, eye liner dibuat penuh dan agak besar menurut bentuk mata. Pada sudut mata bagian luar dilebihkan sedikit (boleh agak keatas). Pada bagian bawah mata dibuat agak kebawah lagi dengan garis mata yang sudah ada dan sudutnya dilebihkan tapi tidak merapat. Warna eye shadow yang agak gelap akan memberi kesan kelopak mata lebih dalam dan mata kelihatan lebih lebar.


Cara Make Up Merias Wajah Dandan Natural Tampil Cantik

Cara merias wajah perlu perhatian dan ketelitian terutama apa yang menjadi kekurangan dari wajah tersebut, dan yang menjadi kelebihan maka perlu lebih ditonjolkan lagi sehingga penampilan akan terlihat lebih menonjolkan sesuatu yang menarik dan membuat pesona diwajah.

Tata rias wajah akan membuat wajah lebih menarik dan mampu menutupi kekurangan serta mampu menonjolkan yang menjadi kelebihan dari wajah tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah mengenali terlebih dahulu bentuk wajah karena banyak berbagai macam bentuk wajah seseorang dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bentuk wajah terdiri dari bentuk wajah lonjong/oval, bentuk wajah bulat, persegi, panjang, belah ketupat, segitiga, dan bentuk segitiga terbalik. Bila bisa mengetahui bentuk wajah maka saat merias wajah dapat mengoreksi sehingga mampu membentuk wajah seperti yang diinginkan seperti tujuan awalnya agar tampak lebih cantik dan menarik.

Alat-Alat Yang Digunakan Untuk Merias Wajah

  • Sikat alis
  • Pinsil alis
  • Spons bedak
  • Sikat bedak
  • Sikat bibir
  • Pencepit bulu mata
  • Kuas eye shadow
  • Kuas blus on

Bahan-Bahan Yang Digunakan Untuk Tata Rias Wajah
  • Pelembab (base, pre-foundation, atau moisturizer)
  • Alas bedak (greasepaint foundation, foundation, color process foundation atau ceam foundation).
  • Bedak ( face powder )
  • Pemerah pipi atau blus on, rouge
  • Eye Shadow
  • Eye liner
  • Cat bulu mata ( mascara )
  • Pemerah bibir atau lipstick (lipliner, lipstick/lipcolor, lipgloss dan liplife)
  • Sunscreem foundation
  • Vanishing cream
  • Cleanshing cream dan conditioner


a. Alas bedak berbentuk cair atau krim

Cara menggunakannya , oleskan keseluruh wajah, kemudian ratakan dengan tangan. Memakainya jangan terlau tebal, dipakai setelah menggunakan sunscream bila siang hari. Pada wajah yang normal yang tidak mempunyai bagian-bagian yang menonjol keluar atau cekung kedalam, warna alas bedak sama dengan warna kulit atau setingkat lebih tua dari warna kulit. Untuk bagian-bagian wajah yang cekung kendala seperti pipi, dagu dan lainnya dapat ditarik keluar dengan memberi alas bedak yang lebih muda dari yang sudah dipakai.

b. Mengenakan eye shadow ( bayangan mata)

Bayangan mata ada yang berbentuk krim dan ada yang berbentuk serbuk, digunakan sesudah memakai bedak dengan kuas khusus. Cara pemakaian eye shadow yang berbentuk krim dengan jari kelingking, krim dioleskan perlahan-lahan pada kelopak mata mulai dari sudut tengah mata kesampinhg kelopak mata. Makin keluar makin menipis dan menghilang. Pemakaian disesuaikan dengan warna kulit dan warna busana. Untuk mata yang cekung kedalam pakailah warna yang sangat muda, sedang untuk mata normal, bayangan dikenakan pada seluruh kelopak mata, warna gelap pada bagian tengah, warna muda pada bagia n tepi. Untuk mata yang letaknya berjauhan, bayangan dikenakan pada sudut dalam bagian kelopak mata, makin keluar makin tipis. Bayangan dapat ditarik dari sudut mata kehidung dan sekaligus memberi bayangan hidung untuk hidung yang
pesek dan lebar.

c. Menggunakan Rouge ( pemerah Pipi)

Rouge dapat dipakai untuk menambah warna wajah agar nampak berseri-seri dan dapat dipakai untuk menutupi kekurangan-kekurangan pada wajah. Rouge dapat berbentuk cair, krim dan bentuk kering atau serbuk Bila berbentuk serbuk dapat digunakan setelah memakai bedak. Rouge dikenakan pada pip dengan tipis, samar-samar supaya kelihatan seperti merah asli. Rouge diusapkan dari bagian pipi yang menonjol menuju kesamping, makin keluar makin tipis. Warna rouge harus disesuaikan dengan warna kulit dan jika pipi sudah kemerah-merahan dan bagus tidak perlu menggunakan rouge.

d. Mengenakan Bedak

Bedak dikenakan pada kulit wajah dan leher dengan spons bedak atau kapas kering. Warna bedak harus sesuia dengan warna kulit dan warna alas bedak atau sedikit lebih muda. Meratakan bedak mukai dari bawah keatas kemudian diusap dengan sikat bedak dari atas kebawah mengikuti arah rambut-rambut halus pada kulit, jangan meratakan bedak dengan
tangan.

Bagian telinga dan belakang telinga juga diberi bedak supaya tidak kelihatan ada batas antra daerah yang dirias dan tidak. Sesudah memakai bedak bulu mata dan alis disikat supaya tidak ada sisa-sisa bedak yang melekat pada bulu mata dan alis.

e. Membentuk alis

Alis dibentuk dengan pinsil alis. Alis buatan atau tambahan digambarkan sebagai garis halus searah dengan pertumbuhan rambut hingga merupakan rambut asli. Panjang alis tidak boleh melewati garis yang menghubungkan ujung hidung dengan ujung mata atau dari ujung dagu
keujung mata.

Untuk mata yang jaraknya terlalu dekat dan alis terlalu berdekatan, maka kelebihan bulu alis dapat dicabut. Untuk mata yang terlalu jauh, pangkal alis dapat ditambah dengan pinsil alis. Sebagai patokan umum, jarak antara pangkal alis diatas hidung harus sama dengan panjang
mata. Garis alis jangan dibuat sama tebalnya. Makin keujung harus semakin halus

f. Mengenakan Lipstick ( pemerah bibir)

Supaya cat bibir itu rapi dioleskan, mula-mula dibuat garis dengan pinsil bibir sesuai bentuk yang dikehendaki. Kemudian dengan kuas lipstick cat itu dioleskan pada bibir secara tegak lurus dari atas kebawah, tidak bolehmelintang supaya lebih melekat rata. Lakukan bagian bibir atas baru pada bagian bawah.

Untuk bibir yang sempurna, berilah warna tua pada bagian tengah dan makin ketepi makin menipis. Bila bibir bawah yang sempurna, sedangkan bibir atas tebal, jangan seluruhnya dicat, tapi samakan dulu lebar bibir atas dan bawah baru dicat. Untuk bibir yang kedua-guanya lebar dan tebal, maka yang dicat hsnys dua pertiga bagian tebalnya bibir. Bagian bibir yang tidak dicat dapat dioles dengan alas bedak supaya tidak jauh berbeda dengan warna kulit yang lain.

Untuk bibir yang sangat tipis berilah warna yang sama tebalnya pada seluruh luas dan panjang mulut. Jika mulut terlalu kecil, seluruh bibir dicat dan agak melampaui sedikit sudut bibir supaya kelihatan lebih lebar. Untuk memperindan dan mengkilapkan, sesudah dicat, bibir diolesi dengan lip gloss.

g. Mengenakan Maskara

Maskara dipakai untuk menghitamkan dan melentikan bulu mata. Maskara digunakan dengan sikat mascara yang diusapkan dari pertumbuhan bulu mata keatas sampai bulu mata menjadi hitam dan melengkung keluar. Bila cat mascara belum kering, mata tidak boleh dikedipkan dengan cepat. Maskara dipakai setelah bedak dan riasan lain supaya bedak tidak menempel pada bulu mata.

Sebenarnya secara sederhana Cara Make Up Merias Wajah Dandan Natural Tampil Cantik langkah-langkah hematnya adalah sebagai berikut ini :

  1. Membersihkan muka
  2. Memakai pelembab
  3. Mengoreksi bentuk muak memakai alas bedak
  4. Memakai bedak tabur/powder
  5. Mengoreksi bentuk mata dengan pensil
  6. Membentuk Alis
  7. Memulaskan pemerah pipi
  8. Menggunakan eye shadow dan eye liner, mascara
  9. Mengoreksi bibir dengan memoleskan n liplife, lipliner, lipstick/lipcolor atau lipgloss.
Tampil cantik dan mempesona akan tampak lebih alami bila didukung dengan kondisi fisik tubuh yang sehat, untuk itu perlunya menerapkan pola hidup sehat dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat yang bergizi seimbang juga istirahat teratur dan juga beraktivitas dan olah raga yang teratur sesuaikan dengan kondisi dan keadaan tubuh.

Note  : Dalam make up merias wajah gunakan selalu bahan-bahan yang bersih dan higienis dan bebas dari bahan-bahan yang berbahaya, maka teliti sebaik mungkin sebelum membeli. Dan bagi wanita sedang hamil dengan ciri-ciri orang hamil seperti telah dibahas sebelumnya, sebaiknya bila merias menggunakan bahan-bahan make up agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan dan disesuaikan dengan kondisi.

Simak juga artikel menarik unit link terbaik di Indonesia Commonwealth Life investra link untuk yang menyukai persiapan masa depan untuk asuransi sekaligus investasi, seperti pepatah mengatakan sedia payung sebelum hujan.

Posted Hidup Sehat By : Yoga Ailala Hidup Sehat Updated at : 15.17

0 comments:

Posting Komentar