Laman

Manfaat dan Khasiat Daun Senna - Jati Cita Untuk Kesehatan

Senna merupakan jenis tanaman berbunga dalam bahasa arab yang banyak manfaatnya, dikenal di masyarakat luas Indonesia dengan sebutan Jati Cina. Senna yang paling banyak dimanfaatkan adalah bagian daunnya, manfaat dan khasiat daun senna sanggat banyak sekali terutama berfungsi sebagai pencahar. Senna awalnya adalah tanaman asli dari Afrika, Timur Tengah didaerah Mesin dan Sudan, lalu diperkenalkan dan dipergunakan oleh ahli mesis bangsa Arab.

Tanaman Senna - Daun Sena

Nama lain Senna (Bahasa Arab) adalah Seven golden candlestik (Inggris), Ketepeng kebo (Jawa), Ketepeng cina/Jati Cita (Indonesia), Ketepeng badak (Sunda), Acon-aconan (Madura), Sajamera (Halmahera), Kupang-kupang (Ternate), Tabankun (Tidore), Daun kupang, daun kurap, gelenggang, uru’kap (Sumatera).

Kandungan Daun Senna adalah Sennosida, Anthraquinon, Glikosida dianthrone, Naftalene glikosida, Hidroksian thrasen.

Herbal daun senna banyak dimanfaatkan sebagai jamu rakyat dalam pengobatan untuk susah buang air besar atau sembelit sehingga memperlancar proses bab juga untuk diet sehat secara alami dalam melangsingkan tubuh agar ideal.

Baiklah untuk mempermudah mengetahui khasian dan manfaat daun senna secara lebih detail berikut yang dapat kami rinci agar lebih jelas bagi setiap pengunjung.

Manfaat dan Khasiat Daun Senna

  1. Daun Senna akan membersihkan kotoran dan sisa-sisa kotoran juga lemak serta racun dalam tubuh melalui buang air besar (BAB).
  2. Berkhasiat dalam starter metabolisme dalam membantu proses sekresi atau pembuangan kotoran dalam tubuh terutama perut.
  3. Sangat baik untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar atau Sembelit, hal ini karena kandungan senosida pada daun senna yang mampu mempercepat proses pencernaan dan meningkatkan volume hasil pencernaan juga peristaltik usus sehingga feses agak lembek dan mudah untuk dikeluarkan.
  4. Mampu mengatasi ambeien dan wasir yang membengkak pada bagian anus.
  5. Untuk mengobati cacing keremi pada anak-anak atau orang dewasa.
  6. Melunturkan lemak dalam tubuh penderita obesitas dan juga mengurangi kolesterol pada tubuh.
  7. Cara alami untuk melangsingkan tubuh, hal ini karena lemak akan dilarutkan dan dibuang saat buang air besar juga buang air kecil atau saat berkeringat setelah minum daun senna.

Efek Minum Seduhan Daun Senna

  • Efek meminum daun senna biasanya akan terasa 12 jam sampai 1 hari dan terkadang masih terasa dihari ke 2 dan 3, efek tersebut yaitu perut mules dan buang air besar (BAB) proses ini disebut proses DETOXINASI (Pengeluaran kotoran dan racun tubuh)
  • Pada proses DETOXINASI buang air besar, feses atau kotoran akan terlihat sedikit berminyak akibat peluruhan lemak dalam tubuh.
  • Tubuh mudah berkeringat dan buang air besar lebih lancar
  • Susah buang air besar mengakibatkan badan terasa berat dan badan terasa pegal-pegal, efek daun senna dengan lancarnya BAB berakibat menghilang capek dan pegal yang dirasakan.
  • Setelah itu maka tubuh akan terasa enteng dan lebih segar bugar

Mendapatkan Daun Senna

Daun Senna Kering
  • Daun Senna sudah banyak dijual di warung-warung herbal, apotek sehat dan juga di toko jamu seduhan. Beberapa daun senna sudah dijual bungkusan dengan harga daun senna sekitar 10-15 ribu rupiah untuk 1 bungkus yang isinya cukup banyak. Ada juga yang dijadikan seperti teh celup dengan harga yang lebih mahal sedikit.
  • Bila anda memiliki tumbuhannya maka itu lebih bagus lagi karena tidak perlu susah payah mencarinya, tapi sebelum digunakan maka perlu dikeringkan terlebih dahulu daunnya.

Cara Penggunaan Daun Senna

Teh Daun Sena
  1. Daun senna untuk menggunakannya diseduh dengan air panas selama beberapa menit, ada baiknya direbus bersamaan antara daun senna dengan air sampai mendidih dan warna air berubah menjadi kuning kecoklatan. Gunakan 1-2 sendok teh atau secukupnya bila anda menggunkan daun senna kering yang dibeli bungkusan, tapi bila sudah seperti teh celup maka penggunaanya lebih mudah seperti teh celup pada umumnya saja.
  2. Penggunannya sebaiknya diminum saat mau tidur dan waktu terbaik adalah saat bangun tidur dipagi hari dan belum minum atau makan, saat itulah minum seduhan daun senna dengan ditambah madu agar terasa lebih nikmat. Hal ini karena banyak kegunaan madu untuk kesehatan secara alami cocok digunakan bersamaan dengan seduhan daun senna. Daun senna membuang kotoran dan racun lalu madu salah satu khasiat dan fungsing yaitu menjaga daya tahan tubuh agar tetap berstamina.
  3. Minum seduhan daun senna 1-2 hari
  4. Sebaiknya minum seduhan daun senna 1 bulan sekali atau minimal 1 tahun sekali minum daun sena untuk mengeluarkan racun dan kotoran dalam tubuh.
  5. Penggunaan seduhan daun senna dapat disesuaikan dengan kebutuhan bila untuk diet dan menurunkan berat badan, tetapi tidak dianjurkan minum setiap hari walaupun daun senna adalah tanaman herbal dan tidak mengandung bahan kimia.

Herbal daun senna menjadi alternatif cara hidup sehat lebih alami dengan tanpa efek samping yang berarti. Berbagai herbal telah banyak ditemukan dan diteliti kandungan yang tersimpan untuk dimanfaatkan dalam kesehatan tubuh manusia, salah satunya daun senna yang sudah ribuan tahun dimanfaatkan diberbagai negara oleh masyarakatnya dari jaman ke jaman.

Minum daun senna untuk berbagai keperluan dan mendapatkan manfaat dari khasiat daun senna harus diimbangi dengan pola hidup sehat baik dari konsumsi makanan, istirahat yang cukup juga olahraga yang teratur dan seimbang.

Posted Hidup Sehat By : Yoga Ailala Hidup Sehat Updated at : 15.51

0 comments:

Poskan Komentar