Laman

Menu Makanan Sehat Gizi Seimbang - 4 Sehat 5 Sempurna

Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dengan Gizi Seimbang menjadi sajian yang seharusnya dikonsumsi oleh setiap orang, dilengkapi olah raga teratur dan menjaga kebersihan agar hidup sehat secara alami.

Manfaat Pola Hidup Sehat Bagi Kesehatan

Pola hidup sehat merupakan gaya hidup dengan memperhatikan hal-hal yang mempengaruhi kesehatan tubuh, baik dari konsumsi makanan minuman dan olah raga juga istirahat cukup yang diperlukan tubuh sehat.

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

Bersepeda merupakan olah raga yang menyenangkan dan sangat banyak manfaatnya, tahukah anda apa saja manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh seorang pesepeda ?

Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Sehat dan Segar

Tubuh yang sehat merupakan dambaan setiap orang, karena dengan tubuh sehat maka bisa melakukan segala aktivitas dengan baik, untuk itu perlu sekali menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat bugar.

Diet OCD Deddy Corbuzier

OCD singkatan dari Obsessive Corbuzier's Diet yang diperkenalkan oleh sang pesulap Mentalist di Indonesia yaitu Deddy Corbuzier yang dibuktikan dengan keberhasilan bentuk tubuhnya ideal terlihat atletis dan sehat.

Tips Memilih Sayuran Segar dan Ciri-ciri Sayuran Yang Baik

Sayuran memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh setiap manusia, sayuran hijau mengandung antioksidan, sumber serat, kalori dan banyak lagi yang pastinya sangat bermanfaat bagi tubuh untuk bisa hidup sehat setiap hari.

Karena pentingnya sayuran bagi tubuh maka mengkonsumsi sayuran diharuskan setiap harinya untuk daya tahan dan kesehatan tubuh.

Sayuran yang beredar di pasaran pada saat sekarang ini perlunya sebagai masyarakat harus lebih cerdas dalam memilih sayuran segar untuk bisa mendapatkan hasil masakan menjadi lebih enak dan sehat.

Kondisi sayuran yang beredar di pasaran tidak luput dari serangan mikroba, bakteri, parasit atau jamur dan juga mungkin kesalahan pada saat pengiriman seperti terjatuh dan terinjak. Dari hal tersebut bisa menyebabkan rusaknya sayuran menjadi hancur, kehilangan warna cerah aslinya sebagai sayuran segar dan bisa menjadi berlendir tentunya tidak segar dan bila dikonsumsi tidak enak dimakan.

Perlu diketahui jenis sayuran seperti sayuran daun-daunan, sayuran buah, sayuran kacang-kacangan dan sayuran ubi-ubian. Untuk setiap kelompok jenis ada tips memilih sayuran segar yang tepat, maka ketahuilah ciri-ciri Sayuran yang baik.

Sayuran Segar

Sebagai contoh misalnya sayuran daun-daunan sebagai contoh bayam maka dalam memilih karakteristik sayuran yang baik perhatikan warnanya yang cerah hijau dan tidak kusam, pilih daun yang sehat dan tidak bolong-bolong serta batang mudah dipatahkan dan tulang daun keliatan jelas.

Untuk sayuran buah seperti misalnya tomat maka dalam memilih kualitas sayuran yang baik untuk sayuran tomat perhatikan masih segar baik warna maupun kekenyalannya serta pastikan tidak busuk dan berlubang maupun cacat yang lainnya.

Tips memilih sayuran kacang-kacangan misalnya sebagai contoh adalah kacang tanah maka bisa memilih kacang yang baik seperti kacang terlihat dalam kondisi baik tidak berlendir, serta pastikan tidak ada cacat seperti berlubang-lubang maupun hancur dan beberapa hal lainnya yang bisa diamati dari luar.

Sayuran ubi-ubian seperti kentang dalam memilih yang segar bisa memperhatikan secara fisik yaitu kondisi dalam keadaan baik tidak berlubang, tidak berair serta tidak memar bonyok maupun busuk, dan bila dipegang kencang dan keras tidak lembek.

Setelah mendapatkan sayuran segar dan sehat tentunya dalam mengolah menjadi masakan enak pastinya memilih bumbu masak yang berkualitas seperti Sasa larasa bumbu kuah sayur sop atau pilihan lain yaitu sasa larasa bumbu kuah sayur asem.

Posted Hidup Sehat By : Yoga Ailala Hidup Sehat Updated at : 17.25

Jadwal Puasa 2017 Imsakiyah Ramadhan 1438H Indonesia

Jadwal Puasa Ramadhan 2017 / 1438H penetapan awal mulai 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 27 Mei 2017 bila sesuai dengan kalender Hijriah Islam. Awal puasa 2017 diprediksi akan ada kesamaan antara berbagai ormas Islam dan pemerintahan Indonesia dalam mengawali dan mengakhiri puasa Ramadhan tahun ini. Kalender Jadwal Puasa 2017 Ramadhan 1438 Hijriah akan diberikan secara lengkap untuk jadwal imsakiyah dan jadwal buka puasa Ramadhan disertai jadwal sholat 5 waktu untuk khusus warga negara di Indonesia untuk seluruh wilayah dan kota yang sudah dalam format waktu sesuai daerah yang dipilih.

Semoga jadwal puasa Ramadhan bisa membantu untuk keperluan dalam memulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan juga waktu untuk buka puasa Ramadhan, selain itu tentunya perlunya jadwal puasa Ramadhan yang dilengkapi dengan jadwal sholat lengkap selama sebulan penuh di Bulan Suci Ramadhan yang setiap individual muslim di seluruh penjuru dunia diwajibkan untuk ibadah puasa selama sebulan penuh sesuai syariatnya.

Jadwal Puasa Ramadhan 2017/1438H menyesuaikan dengan penetapan kapan awal puasa 2017 bertepatan dengan 1 Ramadhan 1438 Hijriah, dimana dalam penetapan tersebut dapat mengikuti 2 cara yaitu Ru'yatul Hilal dan Hisab.  Penggunaan metode hisab biasa digunakan oleh organisasi masyarakat Muhammdiyah, dan metode Ru'yatul Hilal digunakan oleh ormas NU.

Pemerintahan Indonesia melalui kementerian Agama dalam menetapkan kapan awal puasa 2017 menentukan 1 Ramadhan 1438H melalui sidang isbat yang biasanya akan diselenggarakan dengan mengundang seluruh perwakilan dari berbagai ormas yang ada di Indonesia termasuk NU & Muhammadiyah dan ormas lainnya beserta para ulama dan ahli astronomi.

Puasa Ramadhan agar Hidup Sehat Jasmani dan Rohani

Awal Puasa 2017 Mulai 1 Ramadhan 1438H

1. Mulai Awal Puasa Muhammadiyah

Muhammadiyah selalu menentukan jadwal puasa ramadhan dari jauh-jauh hari menggunakn metode hisab melalui pengurus pusat telah memberikan pernyataan ijtimak untuk penetapan awal puasa 1 Ramadhan 2017/1438H yaitu hari pertama puasa Ramadhan bertepatan pada hari Sabtu tanggal 27 Mei 2017. Untuk Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H yaitu hari Ahad 25 Juni 2017.

Awal Puasa Tanggal 1 Ramadhan 1438 H  : Sabtu, 27 Mei 2017

2. Penetapan Awal Puasa 2017 oleh Pemerintah bersama NU & Tokoh Agama

Pemerintah RI melalui Kementerian Agama akan menggandeng NU dan seluruh ormas dan juga berbagai tokoh agama serta berbagai pihak yang terkait lainnya dalam menentukan awal puasa ramadhan 2017/1438H melalui Sidang Isbat yang akan digelar pada tanggal 26 Mei 2017, hasil sidang isbat akan diumumkan secara langsung di seluruh televisi Indonesia. Namun bila sesuai dengan prediksi yang sudah di musyawarahkan dari tahun lalu bahwa akan ada kesamaan dalam mengawali puasa dari tahun 2015 hingga nanti tahun 2023.

Awal Puasa 2017 Penetapan 1 Ramadhan 1438H : Menunggu sidang isbat 26 Mei 2017
Hasil sidang isbat jadwal puasa Ramadhan 2017 : Sabtu, 27 Mei 2017 (Prediksi)

Berikut ini akan diberikan jadwal puasa ramadhan 2017/1438H untuk mengawal selama menjalan ibadah Puasa Ramadhan agar bisa mengetahui jadwal imsakiyah dan juga jadwal buka puasa Ramadhan 2017/1438H untuk seluruh wilayah Indonesia yang juga telah disertai jadwal sholat  5 waktu dan waktu dhuha lengkap.


Pilih Kota "sesuai daerah tempat tinggal"

Penggunaan jadwal puasa Ramadhan 2017/1438H tersebut diatas sangat mudah sekali, yaitu pada bagian dibawah ada pilihan untuk "pilih kota" maka silahkan pilih di menu yang sudah disediakan untuk daerah dimana anda tinggal dan setelah dipilih maka secara otomatis jadwal puasa akan langsung berubah menyesuaikan daerah yang dipilih.

Pemilihan Jadwal Puasa Ramadhan 2017 / 1438 H sesuai kota anda maka dapat langsung diketahui jadwal imsak dan jadwal sholat Subuh, Zuhur, Ashar, Magrib, Isya, dan waktu terbit juga waktu Dhuha yang sudah diurutkan berdasarkan kalender tanggal pelaksanaan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan selama sebulan penuh.

Mari luruskan niat dan jalankan puasa Ramadhan sesuai syariat, Muslim yang beriman akan ikhlas menjalankan ibadah puasa dengan niat mencari Ridho Allah Ta'ala. Semoga kita bisa menjadi muslim yang bertakwa dan dengan menjalankan ibadah puasa secara langsung membuat hidup sehat baik jasmani maupun rohani.

Posted Hidup Sehat By : Yoga Ailala Hidup Sehat Updated at : 21.44

5 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Menstruasi. Yuk Dicoba!

Salah satu kenikmatan yang dirasakan cowok adalah bahwa cowok tak merasakan menstruasi. Bukan berarti menstruasi adalah penderitaan, hanya saja, ada beberapa cewek yang kadang sangat tersiksa dengan hal ini. Mulai mood swing hingga sakit tak terhingga di bagian perut adalah hal yang tak terpisahkan dari menstruasi.

Namun, ternyata ada beberapa hal yang bisa dimanfaatkan saat menstruasi. Salah satu hal yang bisa dilakukan saat menstruasi adalah usaha menurunkan berat badan. Dengan beberapa trik sederhana, kamu bisa menurunkan berat badanmu dengan cukup signifikan. Yang lebih menyenangkan lagi, bagi kamu para cewek yang ingin memiliki badan proporsional, diet ini hanya perlu kamu lakukan saat menstruasi. Jadi kalau kamu tidak dalam kondisi menstruasi, kamu hanya cukup menjaga untuk jangan makan terlalu banyak saja. Lalu apa saja sih triknya? Yuk, langsung disimak aja!

1. Konsumsi banyak air putih

Salah satu efek paling gampang dirasakan saat menstruasi adalah dehidrasi. Kamu akan lebih cepat merasa haus dan tubuh terasa kering. Nah, ini adalah saat yang tepat buat kamu untuk meningkatkan konsumsi air putih. Seperti yang sudah diketahui banyak orang air putih sangat membantu tubuh. Selain membuat badan lebih segar, minum air putih sebelum makan juga bisa mencegahmu makan berlebihan.

Konsumsi banyak air putih

Jadi saat menstruasi, jangan lupa bawa air putih dengan jumlah yang cukup banyak kemanapun kamu pergi. Selain menjagamu dari dehidrasi, air putih akan mampu membuatmu merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Cukup sederhana bukan?.

2. Mengalihkan keinginan buat ngemil ke buah dan sayur

Efek lain dari menstruasi adalah nafsu makan yang makin meningkat terutama terhadap camilan. Nah saat ini adalah saat yang tepat untuk melakukan subtitusi makanan. Kamu yang biasanya tidak terlalu bersemangat memakan buah dan sayur bisa mengganti camilan tak sehatmu dengan buah dan sayuran segar. Selain membuatmu sehat, hal ini bakalan mampu, paling tidak, menjaga berat badanmu untuk tidak naik.

3. Pilih menu makanan deuretik yang bisa membantu menurunkan sel telur

Salah satu hal yang membuat menstruasi sangat sakit bagi beberapa orang adalah karena penurunan sel telur yang tak lancar. Kamu bisa memilih makanan deuretik semacam tomat, asparagus, gandum, buah bit, peterseli, cranberry, dan beberapa makanan lainnya untuk membantu melancarkan penurunan sel telur. Selain membantu mengurangi sakit, makanan ini juga sangat bagus dan sangat membantu penurunan berat badan.

4. Jangan lupa makan banyak buah dan sayur untuk menjaga kesegaran tubuh

Selain buat camilan, kamu bisa mulai mengganti menu harianmu dengan buah dan sayur. Pilih buah yang bisa membuat kenyang lebih lama dan sayur yang benar-benar kamu sukai saja. Kamu bisa sarapan buah dan makan malam dengan tumisan sayur. Yang jelas, dengan kebiasaan makan sayur dan buah selama masa menstruasi saja, kamu akan bisa menjaga atau bahkan mengurangi berat badanmu.

5. Olahraga ringan secara rutin

Olahraga adalah hal yang tak terpisahkan dari kesehatan dan penurunan berat badan. Seberapapun sehat makananmu, kamu tak akan bisa sehat dengan sempurna dan mengalami penurunan berat badan tanpa olahraga.

Itu tadi adalah beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan saat menstruasi. Yang menjadi keuntungan dari cara ini adalah, kamu hanya cukup melakukannya pada masa menstruasi saja. Jika memang mau melanjutkan di masa tidak menstruasi sih pastinya bagus, tapi kalau nggak, ini saja sudah cukup untuk menjaga berat badanmu. Mau tips menurunkan berat badan lainnya, kamu dapat menemukannya disini

Posted Hidup Sehat By : Yoga Ailala Hidup Sehat Updated at : 14.23